Fungsi - Manfaat Humor dalam Bisnis
Fungsi dan manfaat humor dalam bisnis bagi pengusaha –
Apa hubungannya humor dengan bisnis? Si Om ini suka bercanda deh. Pengusaha itu
kerjanya mengurus dunia wirausaha, bukan dunia ketawa. Memangnya komedian atau pelawak?
Tak lucu, ah!
Serius, ini bukan lelucon. Pandai membuat cerita kocak
itu bermanfaat bagi wirausahawan, marketer, motivator, staff humas, negosiator
bisnis dan pelaku usaha yang berkomunikasi langsung dengan konsumen maupun
relasi.
Kenal Jaya Suprana, boss jamu Jago? Dia adalah
pengusaha sukses ternama yang lebih suka disebut humorolog ketimbang pebisnis. Andai
orangnya tidak jenaka dan humoris, mungkin tidak sekondang ini
ekspresi lo ketika gagal melucu |
Fungsi dan manfaat humor dalam bisnis terutama sebagai
bumbu dalam menjalin komunikasi bisnis. Dalam kata pengantar untuk bukunya
berjudul: “Complete Speakers Galaxy of Funny stories, Jokes and Anecdotes”
Winston K. Pendleton menyatakan:
Ketika Anda menyelipkan humor dalam pidato, menyampaikan materi dalam seminar atau pembicaraan bisnis dengan client, Anda akan tampak seperti koki ulung. Dengan menambahkan sejumput garam, sayur, potongan daging, bumbu serta rempah-rempah, sup kental yang hambar akan berubah menjadi makanan yang gurih nan lezat. Semua orang yang mencicipi akan berdecak kagum dan memuji Anda
Itulah sebabnya para trainer dan motivator bisnis
terkenal seperti Mario Teguh sesekali melemparkan joke-joke segar di depan
audiens. Tujuan dan fungsi utamanya jelas bukan untuk mengocok perut penonton.
Stand up comedy, kalee...!!
Fungsi Humor dalam Bisnis
Fungsi sedikit menyelipkan lelucon dalam pertemuan bisnis
hanyalah sebagai bumbu komunikasi yang bersifat kondisional. Artinya kita harus
melihat siapa yang kita ajak berbicara. Situasi dan kondisi saat itu bagaimana.
Bahan gurauan yang tepat itu seperti apa dan lain sebagainya.
Inilah uraian singkat fungsi humor dalam bisnis
- Bagi pengusaha / pimpinan perusahaan, humor berfungsi untuk mencairkan suasana saat memimpin rapat di ruang meeting dengan staff karyawan
- Membuat lawan bicara merasa nyaman dan pembicaraan tidak berlangsung kaku saat membahas masalah kerja sama bisnis dengan rekanan kerja
- Bagi marketer, fungsi jokes adalah untuk mempengaruhi calon pelanggan agar membeli produk barang maupun jasa yang ditawarkan dengan harga tinggi tanpa banyak menawar
- Bagi trainer atau motivator bisnis, menyelipkan lelucon segar itu gunanya agar peserta training tidak bosan dengan materi yang njelimet. Supaya penonton lebih menyerap serta memahami apa yang disampaikan pemateri. Dan yang pasti, biar peserta tidak tidur semua
- Menjalin kedekatan secara personal dengan client karena merasa kita sebagai pengusaha dinilai sebagai sosok yang menyenangkan
- Mengurangi ketegangan saat mempresentasikan keunggulan produk atau perusahaan kita pada calon investor
Manfaat Humor Bagi Pengusaha
Manfaat humor bagi pengusaha adalah sebagai berikut
- Dapat mengurangi perasaan grogi saat berhadapan dengan siapapun
- Memupuk rasa percaya diri ketika berbicara dengan semua orang
- Mudah untuk menjalin komunikasi dan bergaul dengan siapa saja
- Memberi kesan positif sebagai pribadi yang unik, mengesankan dan enak untuk diajak berbisnis
- Mudah diingat oleh orang yang baru dikenal sekalipun karena seperti bunyi iklan deodorant: kesan pertama begitu menggoda... selanjutnya, deal!!
- Selalu dirindukan kehadirannya di kantor oleh semua staff
Tips Berkelakar bagi Pebisnis
Setelah membahas tentang nilai positif bagi pengusaha
humoris, saatnya kita ulas bagaimana tips menyelipkan gurauan ringan dalam
pembicaraan serius.
Awali pembicaraan Anda dengan sebuah lelucon atau
anekdot untuk menarik perhatian. Misalnya dengan mengatakan, “maaf, saya
sedikit terlambat. Sepertinya saya harus pergi lagi untuk beli jam tangan yang
baru biar bisa datang lebih cepat.”
Kemudian ceritakan pengalaman pribadi yang lucu untuk
mengadakan kontak dengan pendengar Anda dan menjadikan mereka santai. Tapi
perlu diingat, kisah kocak yang diceritakan harus sesuai dengan apa yang
sekiranya lawan bicara pahami. Menceritakan lelucon diluar jangkauan pendengar
justru membuat mereka tertawa karena tak menemukan letak kelucuannya. Bingung
kan? Hahaha...
Dan jika suasana sudah mencair, sebaiknya jangan
kebablasan bercandanya sehingga melupakan topik pembicaraan yang sebenarnya. Kebanyakan
selengekan justru menimbulkan kesan negatif. Bisa-bisa mereka mencap kita orang
yang tidak serius berbisnis. Kan Anda datang untuk membahas masalah bisnis,
bukan open mic. Kecuali Anda memang datang sebagai bintang tamu acara stand up
comedy
Untuk mencari bahan lelucon, tak perlu membuat atau mengarangnya sendiri. Di internet banyak beredar kumpulan anekdot, cerita lucu unik kocak gokil konyol, meme parodi, naskah stand up comedy dan lain-lain. Buku-buku humor juga bisa ditemukan di toko buku. Jadi tak perlu khawatir kehabisan stock bahan berkelakar
Baca juga: Bisnis Jasa Unik
Yang perlu dipelajari hanyalah cara menyampaikan gurauan tersebut. Sebab, selucu apapun sebuah cerita humor, jika yang membawakan tidak lihay seperti orang lagi kumur-kumur, yang mendengar juga tak akan bisa tertawa lepas. Kecuali Anda kasih duit ratusan ribu bagi siapa saja yang sudi ngakak dengar celotehan Anda
💬 😆 😁
Demikian sekilas info tentang fungsi, manfaat, tujuan humor
bisnis bagi pengusaha. Semoga Anda terhibur. Tapi jika memang tak pandai melucu
(sama seperti saya), ya tak perlu dipaksa. Daripada ditertawakan gara-gara isi
banyolannya garing, lebih baik biasa saja. Toh kegunaannya hanya sebagai bumbu
pelengkap saja. Karena sukse tidaknya bisnis itu tidak tergantung seberapa
pandai kita melucu, tapi kecakapan kita dalam mengelola bisnis.